Soundtrack Sinetron

Anda masih ingat lirik lagu ini?

“Di sudut jendela, ku menatap hampa, lembaran cerita, tentang kita berdua..

kutunggu kau datang malam ini, sampai hampir pagi

galau rasa hati, tak sadar ku bernyanyi..”

(soundtrack sinetron Kupu-Kupu Kertas, tayang di Indosiar)

Atau mungkin lagu yang ini?

Hari berganti hari, seolah waktu akan berlari, kejar sesal di hati, seandainya kudapat mawas diri, kini ku takkan menyesali..

Tak kuanggap janjimu, kusangka semua itu palsu, hanya tuk merayuku

Ternyata kau buktikan kepadaku, kau penuhi janjimu itu..

Ku tersanjung..

(Soundtrack sinetron Tersanjung, sinetron terlama–sejauh yang saya tahu sempat mencapai jilid 6–yang sempat tayang di Indosiar)

Kalau Anda ingat lagu-lagu tersebut, besar kemungkinan Anda juga masih ingat dengan Cossy Pratama? Para penikmat sinetron di awal tahun 90-an barangkali akrab dengan namanya. Ya, dialah pria yang paling banyak berada di balik soundtrack sinetron Indonesia. Saya sendiri tak ingat, berapa persisnya jumlah lagu yang telah dia cipta. Tapi yang saya ingat bahwa dulu, dia punya ruang untuk mencipta lagu.

Dia, dan pencipta musik lainnya, terus berkarya membuat musik-musik pengiring untuk sinetron. Kualitasnya juga bukan asal-asalan.

Sayang, kita tak bisa menikmati karya mereka lagi. Karena sinetron yang ada lebih banyak menggunakan lagu-lagu dari band yang sedang tenar. Kemudian memaksa mencocokkan lagu tersebut dengan judul sinetron mereka. Hasilnya, seperti yang sudah kita kira: Ga nyambung!

Selain soal kualitas intrinsik cerita, bagi saya, sinetron Indonesia saat ini juga lemah dalam musikalitas. Tak sedikit yang memaksa mentranslate sebuah lagu India ke dalam bahasa Indonesia. Ada juga yang mencomot yang sudah ada dan ternama. Hanya sedikit saja yang digarap serius, misal soundtrack “Laura dan Upik Abu” yang memang baru dan dibuat dengan khusus.

Tiba-tiba saya kangen dengan lirik lagu yang ini:

Senja di ujung kota, biaskan sejuta rasa, tak sepatah pun kata, yang bisikkan nada cinta Sayangku dan sayangmu, memang harus bersatu, meski banyak yang ragu, sungguh aku sayang kamu

( soundtrack Sang Pecinta, pernah tayang di SCTV).

Juga dengan yang ini:

Sejak pandang bertemu, tak nyenyak lagi tidurku, perasaanku memandang, simpati yang dalam, yang tak mudah kulupakan

Anganku menerawang, waktu kau lempar senyummu

Serasa ku bermimpi, bersama berlari, menyongsong fajar berseri

(soundtrack Hanya Kamu, sinetron yang “menyatukan” Vira Yuniar dan Teuku Ryan, tayang di Indosiar)

Kapan ya, soundtrack sinetron yang berkualitas akan bangkit kembali?

About these ads

48 thoughts on “Soundtrack Sinetron

  1. wehei…kita sejaman jeng..
    jaman tahun 90an akhir/2000an awal to *halah*
    jaman tontonan ya cuma sinetron, sama telenovela hahaha
    cossy pratama?gile hay masi inget jugah sama dia si penjagal lagu2 sinetron..
    tulisanmu membangkitkan kenanganku hay
    aku jadi senyumsenyum sendiri ni hihihi

  2. ya elah jeng, kita kan emang generasi yg sama, generasi dimana punya dua anak cukup jd jargon, generasi yang jelas bukan MTV tapi sinetron-sinetron itu tadi, hahahahah
    ^_^

  3. @wendra, ehm kayaknya misteri gunung merapi deh saingannya ^_^
    @wib, oo iya, itu kan cukup populer waktu itu, ko ak bisa lupa ;D

  4. waah!!!mb hayu sama banget ma aku!!!
    aku juga penggemar berat ost sinetron jaman dulu!!!
    Terutama Karmila!!!!
    ada yang punya mp3nya ga ya???
    mbak nek kamu punya aku dikasih ya!!!!
    tengkyu……
    ;p

  5. @talkintoomuch: karmila tu yang si paramitha itu kan?
    ada, aku pernah minta dari temenku yang mantan penyiar Unisi
    hehehehe (niat bgt)
    oke, kpn2 kubawain..

  6. rasanyan masih segar ingatan ku tentang sinetron2 yg dulu buming masa kecil ku , aku baru umur 7 tahun ,
    apa kah di antara anada tau , bagai,ama ,emdapatkan lagu2 sountrack sinetron2 tsb ?
    dulu tahta di indosiar , trus lagunya memes terlanjur sayang , tapi aku gak tau judul sinetron nya ,,,,
    kalo punya koleksi lagu sountrack noktah merah perkawinan aku minta ya ,….
    tolong informasinya
    sholeh_sundafa@yahoo.co.id

  7. rasanyan masih segar ingatan ku tentang sinetron2 yg dulu buming masa kecil ku , aku baru umur 7 tahun ,
    apa kah di antara anda tau , bagai,ama ,emdapatkan lagu2 sountrack sinetron2 tsb ?
    dulu tahta di indosiar , trus lagunya memes terlanjur sayang , tapi aku gak tau judul sinetron nya ,,,,
    kalo punya koleksi lagu sountrack noktah merah perkawinan aku minta ya ,….
    tolong informasinya
    sholeh_sundafa@yahoo.co.id

  8. dafa nganjuk-jatim Posted August 22, 2010 at 3:40 pm Permalink

    refer your posting above.

    SAYA SEDANG CARI PROFILE/BIODATA PENYANYI Retno Susanti. Dimana dia sekarang. She has a very good voice and singing style.I heard her singing “tersanjung” in pop keroncong style. Please help me to locate her.

    andi at kilat44@yahoo.com

  9. mazni: kayaknya judulnya juga Hanya Kamu, coba cari di 4share
    dafa:saya punyanya cuma tersanjung, maaf ya, coba cari di 4share
    andi: waduh, saya kurang tahu ya, maaf ga bisa bantu :)

  10. terima kasih atas jawaban kamu,akuhayu.

    Sungguh pun gagal terus sampai saat ini, saya masih terus mencari.
    Perusahan yang merakamkan lagu-lagu retno susanti kayaknya sudah dormant.nggak active. I was informed of this by the satpam guard at their premises. I have in my possession the original cassette tape of chossy pratama songs. even chossy cannot be traced.

    that is all for now,
    Take care akuhau.

  11. Hi Andi, aku di Jogja, not in Bandung, unfortunately.
    Okay, aku akan kabari, once I’ve got any information about Choosy Pratama.

    bye

  12. hi akuhayu,

    May I have your permission to use your article on the website I proposed to set up. I plan to entwine the article with the songs sung by Retno Susanti and Wiwiek Widya. Both of them have very similar voice and singing style but unfortunaly both cannot be traced. I am particulary moved by Wiwiek rendition of the songs “poetri” and “doa”. I believed Retno also sang the same songs, but I cannot find them. I consider the two of them as the best singers, Indonesia ever had. I just hope they are alive and doing well.

    My sole purpose in setting up the website is hopefully to entice them to show themselves. It will be great pleasure to hear them singing in person.

    akuhayu, will like to know about you personally. Please do email your personal profile to kilat44@yahoo.com. With regard to myself, I am a retired civil servant. bye for now.

  13. Ada yang tau soundtrack sinetron “Tiga Orang Perempuan” yang dibintangi Christine Hakim, Iis Dahlia and Vira Yuniar?

    nyari2 gx nemu…..

  14. lho, bukannya nama penyanyi dari lagu2 soundtrack sinetron itu Ari Pradina ya, Kalo Retno kynya cuma nyanyi lagu Symphoni Dua HAti aja, tp Ari pradina bnyk bgt, aku cb search MP3 nya Ari tp kok ga dapet ya,,,

  15. Andi: maaf ya baru sempet aktif lagi, maklum, saya kuliah lagi, jadi sibuk dengan peran baru sebagai istri, ibu sekaligus mahasiswa S2, saya muslim, terima kasih, semoga tahun ini juga indah untukmu :)

    Ita: wah, saya kurang tau ya, coba saya tanyakan ke temen-temen..

    Vicky; sejujurnya saya ga tahu yang nyanyi siapa, saya inget nama Ari Pradina, kalau soal donlot, sudah coba 4shared?

  16. hampir 4 bulan sudah berlalu. yang penting anda masih ingat.

    Saya masih mencari dimanakah Retno Susanti dan Wiwiek Widya telah pergi. Both singers made their last recording of Chossy Pramata in cassette tape format (late ’90s ) singing in Kroncong Stye. In particular Wiwiek Widya sang the song “Poetri” , It is really a very touching and sad song.
    Let me have your email and i will upload it for you. Ther is also a very beautiful poetry That I would like to send to you.

    kapada vicky: Retno ada menyanyi lagu “Tersanjung’ saya kenal sekali suaranya.

    Rgds

    Andi

  17. akuhayu

    Have sent u email, with the song “poetri” as attachment. Wonder what is the internet speed in Jogja. Mine, real snail pace.

    Will be in in Singapore on 4 to 5 April. Will try to upload other songs for
    nostalgia sake.

    andi

  18. dendam benci jadi satu di dalam hidupnya, tubuh ini bagai tabir terselubung misteri… harta dendam jadi satu di dalam hidupnya… semua itu tuk mencapai TAHTA… seingatku cmn sepenggal lirik ini di senetron “tahta” ak cari judul lagu ini sampai 5 thn :D:D ga ketemu… ada yg bisa bantu saya? jadul bgt tuh sinetron matias muchus, agus melas etc… wak wak wak… jaman ak kuliah tuh.

  19. jadi inget….. sinetron hanya kamu tayang pas q masih SD…. aku seneng banget sama lagu yang dinyanyiin tengku ryan… kalo gak salah “siapa dirimu pembuat hati jadi tak menentu, cantiknya parasmu membuat hati ingin mengenalmu…hanya kamu saja oooooo yang pertama kali membawa nuansa rasa cinta ini….” apa judulnya ya mbak???? kalo tau tlng di infokan….

  20. For sherly liza.

    Saya jawab email anda. Saya menunngu terus berita terkini, retno usanti.

    All the best to you.

    Andi

  21. Tren sudah berubah, mbak. Dulu soundtrack sinetron era Chossy Pratama memang dibikin khusus buat sinetron yang bersangkutan. Jadi ada kesesuaian antara soundtrack dengan materi sinetron.

    Sekitar tahun 2000 trennya adalah mencomot lagu yang sedang populer. Kalo saya gak salah yang mulai itu Siapa Takut Jatuh Cinta (yang dibilang jiplakan Meteor Garden) yang ngambil lagu Seberapa Pantas-nya Sheila On 7. Tren itu terus berlanjut sampai-sampai ada band yang dapet label spesialis soundtrack sinetron. Yak, Letto.

    Ya jadi maklum aja kalo antara soundtrack dengan si sinetronnya sendiri kadang gak nyambung. Terkesan dipaksakan. Shortcut isn’t an answer lah kalo kata Tony Sucipto hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s