Menikmati Senja di Perbatasan Jogja

Jogja masih sore ketika saya dan seorang teman sampai di tempat ini. Sekilas, tak ada yang istimewa. Apa sih menariknya sebuah tempat yang hanya kebetulan lebih tinggi dari dataran di sekitarnya?.

Tapi benar kata Tukul: “Don’t judge the book by its cover”, jangan menilai buku melalui sampul luarnya. Di balik kesannya yang sederhana, bukit yang satu ini ternyata mampu menyuguhkan pemandangan cantik untuk saya nikmati.

Terletak di sebelah tenggara kota Jogja, Hargodumilah, begitu nama bukit ini, merupakan rangkaian perbukitan yang menghubungkan Jogja dengan salah satu kabupatennya yaitu kabupaten Gunung Kidul. Jalan raya Jogja-Wonosari membelah bukit ini sehingga memungkinkan Anda untuk merasa di puncak khayangan setiap kali melewatinya. Yang ditawarkan oleh bukit ini adalah panorama khas perbukitan. Hampir sama dengan Puncak di Jawa Barat atau Ungaran di Semarang. Berdiri di bukit ini memungkinkan Anda untuk melihat Jogja dari segala penjuru. Laiknya melihat miniatur Jogja dalam bentuknya yang sangat kecil, dan Serasa mencermati diorama pada sebuah museum. Belum jika kebetulan Anda mengunjungi bukit ini di sore hari, Anda akan mendapati senja yang tak kalah menarik dibanding senja di tempat-tempat lain. Langit Jogja yang membentang luas, berpadu dengan semburat jingga yang diciptakan senja, benar-benar memberikan pemandangan yang mengundang decak kagum. Kemudian ketika malam datang, semburat senja tersebut berganti dengan gemerlap lampu-lampu perkotaan yang tak kalah cantiknya.

Hargodumilah juga sering dikenal dengan nama Bukit Patuk Gunung Kidul. Biasanya, para pengendara sepeda motor dan mobil yang melalui tempat ini sering menyempatkan diri untuk singgah. Sekedar menikmati pemdandangan serta menghirup udara perbukitan yang masih segar sambil mengurangi lelah sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika Anda tertarik, tak perlu kuatir hanya akan berdiri di tepi bukit untuk menikmati pemandangan. Di tempat ini, Anda akan menemui banyak warung-warung sederhana yang menawarkan menu yang sederhana pula. Semisal mie instant, es kelapa muda atau bakso dan soto. Meski sederhana, menu tersebut cukup asyik dinikmati sambil menyaksikan senja yang perlahan mulai memudar.

Sebenarnya, ada satu restoran mewah di Hargodumilah, tapi rata-rata orang lebih memilih menikmati makanan di tempat-tempat sederhana tadi. Selain karena harganya lebih terjangkau, juga karena lebih memungkinkan pengunjung untuk bersantai lebih lama tanpa merasa sungkan atau canggung. Di warung-warung sederhana tersebut, Anda bisa menikmati pisang goreng sambil duduk berongkang-ongkang kaki. Sementara di restoran mewah, Anda harus duduk manis di kursi dengan table manner sempurna. Kedua hal tersebut tentunya membawa kesan berbeda bagi Anda.

Jadi, jika Anda mulai penat dengan tugas-tugas kantor atau kuliah. Atau mungkin Anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, tidak ada salahnya Anda mencoba tempat yang satu ini. Memang, Hargodumilah, bukit di Patuk Gunung Kidul itu, mungkin tak lebih istimewa dibandingkan tempat wisata lain. Tapi jika Anda butuh alternatif tempat bersantai dengan harga sesuai tapi tetap dengan pemandangan yang cukup menarik, saya sangat merekomendasikan tempat ini. Sekedar duduk bersantai menikmati senja, mungkin dengan segelas kopi panas dan semangkuk mie rebus di depan Anda. Seperti saya dan teman saya hari itu. Menikmati senja yang perlahan berubah menjadi malam, sambil sesekali menyeruput kopi kami yang mulai dingin..

Hmm.. senja tak pernah secantik hari itu..

PS: Tulisan saya ini terarsip di kompascommunity.com dan liburan-info.com

3 Comments Add yours

  1. Abdee says:

    Judule diganti
    “Menikmati Senja di Jalan Pulang ke Rumah”
    Iso kan…

  2. akuhayu says:

    wah, dadi ra berima dunk mas
    ^_^

  3. delon says:

    Itu satu2nya quote Tukul yang bener. Liat yang laen:
    – ‘Malu bertanya, mbalik lagi’
    – ‘Datang tak dijemput, pulangnya minta ongkos’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s